Penyebab Retinoblastoma Pada Anak

Penyebab Retinoblastoma Pada Anak

Selamat datang di website www.obatherbalkhususanak.com situs kesehatan anak sekaligus menyediakan obat herbal yang asli dan resmi.
www.obatherbalkhususanak.com selalu memberikan yang terbaik bagi anda tentang informasi kesehatan ataupun dalam hal pelayanan berbelanja online..

Retina terdiri dari jaringan saraf yang merasakan cahaya seperti itu datang melalui bagian depan mata Anda. retina mengirimkan sinyal melalui saraf optik ke otak Anda, di mana sinyal-sinyal ini diartikan sebagai gambar.

Sebuah bentuk yang jarang dari kanker mata, retinoblastoma adalah bentuk paling umum kanker yang mempengaruhi mata pada anak-anak. Retinoblastoma dapat terjadi pada satu atau kedua mata. Apakah Anda tahu penyebab retinoblastoma pada anak.

Penyebab Retinoblastoma Pada Anak

Retinoblastoma disebabkan oleh mutasi (perubahan) dalam gen tertentu. Selama beberapa dekade terakhir, para ilmuwan telah mempelajari bagaimana perubahan tertentu dalam DNA seseorang dapat menyebabkan sel-sel retina menjadi kanker.

DNA di setiap sel membuat gen masing masing individu, yang merupakan petunjuk untuk bagaimana sel-sel berfungsi. Penyebab dari retinoblastoma, ada yang dari gen abnormal yang diwariskan dari orang tua atau pasa saat pertumbuhan janin dalam rahim.

Genetika retinoblastoma ( retinoblastoma turun-temurun )

Sekitar 40 persen dari penderita retinoblastoma memiliki bentuk penyakit turun-temurun. Retinoblastoma keturunan disebabkan oleh perubahan, juga dikenal sebagai mutasi, ke daerah-daerah tertentu dalam informasi genetik individu.

Setiap dari individu memiliki sejumlah besar informasi genetik yang diatur dalam segmen yang lebih kecil dikenal sebagai “gen.” Gen memberikan petunjuk yang diperlukan bahwa sel-sel dalam tubuh membutuhkan untuk melakukan fungsi yang berbeda dalam tubuh.

Pada pasien dengan retinoblastoma dengan penyebab keturunan, gangguan berkembang sebagai hasil dari perubahan dalam gen khusus yang dikenal sebagai RB1.

RB1 adalah satu-satunya gen yang diketahui terkait dengan retinoblastoma turun-temurun. Protein yang dihasilkan oleh gen RB1 bertindak sebagai penekan tumor, yang berarti bahwa itu membantu untuk menjaga sel-sel tumbuh dan membelah hingga terlalu cepat dan mempromosikan kematian sel.

Dengan pengecualian dari sel telur dan sperma, setiap sel tubuh normal memiliki dua salinan kerja gen RB1. Pasien dengan retinoblastoma keturunan umumnya membawa perubahan pada salah satu salinan gen RB1 di semua sel tubuh mereka.

Jika salinan kedua dari gen mengalami perubahan dalam sel retina, dapat berkembang menjadi tumor retinoblastoma. Karena setiap sel tubuh sudah memiliki perubahan dalam salinan pertama dari RB1, relatif umum untuk lebih dari satu sel retina mengalami perubahan dalam salinan gen RB1 kedua.

Oleh karena itu, sekitar 85-90 persen anak-anak dengan retinoblastoma turun-temurun dapat berkembang menjadi beberapa tumor yang mempengaruhi kedua mata (penyakit bilateral).

10-15 persen sisanya dari pasien dengan retinoblastoma turun-temurun mengembangkan hanya tumor pada mata tunggal (penyakit unilateral).

Selama lima tahun pertama kehidupan, hampir semua individu yang membawa perubahan dalam RB1 akan mengembangkan retinoblastoma.

Anak-anak dengan bentuk dari retinoblastoma turun-temurun memiliki risiko meningkat untuk mengembangkan tumor di kelenjar pineal (kelenjar kecil yang terletak di otak) dan kemungkinan kanker lain, seperti kanker tulang atau otot, di kemudian hari.

Individu dengan retinoblastoma keturunan, terapi radiasi sinar eksternal memiliki peningkatan risiko lebih tinggi untuk mengembangkan tumor primer kedua, yang paling umum dalam bidang radiasi, selama hidup mereka.

Baca Juga tanaman obat radang tenggorokan pada anak

Non-keturunan ( retinoblastoma sporadis )

Sekitar 60 persen anak-anak dengan retinoblastoma memiliki bentuk penyakit yang termasuk pada non keturunan, yang selalu bermanifestasi sebagai penyakit unilateral. Mereka tidak membawa perubahan dalam salinan gen satu RB1 di setiap sel tubuh.

Hal ini diyakini bahwa kebanyakan anak-anak dengan penyakit non-keturunan mengembangkan tumor retinoblastoma karena kedua RB1 salinan gen yang menjadi rusak dan berkembang dalam sel retina tunggal.

Anak-anak dengan retinoblastoma sporadis tidak mengalami peningkatan risiko untuk mengembangkan kelenjar pineal atau tumor lainnya. Mereka juga tidak mengalami peningkatan risiko untuk mewariskan retinoblastoma tersebut untuk untuk anak-anak mereka pada kemudian hari. Ada tes genetik yang dapat dilakukan untuk menentukan apakah seorang anak memiliki retinoblastoma keturunan atau non-keturunan.

Efek Akhir Retinoblastoma

Anak-anak yang tidak mewarisi atau tidak memiliki retinoblastoma turun-temurun. Anak anak ini harus memiliki pemeriksaan mata dilakukan seperti yang diperlukan untuk perawatan mataada anak secara rutin. Beberapa anak yang memiliki retinoblastoma dapat mengembangkan komplikasi pada beberapa tahun kemudian.

Baca Juga obat retinoblastoma anak

Penyebab Retinoblastoma Pada Anak

Posted By
Obat Herbal Khusus Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *