Komplikasi Penyakit Ispa Pada Anak

Komplikasi Penyakit Ispa Pada Anak

Selamat datang di website www.obatherbalkhususanak.com situs kesehatan anak sekaligus menyediakan obat herbal yang asli dan resmi. www.obatherbalkhususanak.com selalu memberikan yang terbaik bagi anda tentang informasi kesehatan ataupun dalam hal pelayanan berbelanja online.

Komplikasi penyakit ispa pada anak – Infeksi saluran pernapasan adalah infeksi paru-paru, saluran udara, sinus atau tenggorokan. Virus, bakteri, mycoplasma (sejenis bakteri khusus) dan jamur menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Anak-anak cenderung mengalami infeksi pernafasan karena mereka belum membangun resistensi terhadap virus yang menyebabkan sebagian besar infeksi ini terjadi.

Biasanya, infeksi pernafasan disembuhkan sepenuhnya jika diobati dini, namun infeksi serius dan kompleks mungkin mengancam jiwa jika pengobatan yang tepat tidak segera diberikan.

Saluran udara kecil anak anak dapat disempitkan secara signifikan oleh radang dan lendir, membuat sulit bernafas. Anak-anak bernafas dengan cepat dan mungkin mengalami suara bernada tinggi yang terdengar saat bernapas ( mengi ) atau suara yang sama terdengar saat bernafas ( stridor ).

Penyempitan saluran napas yang parah dapat menyebabkan anak terengah-engah dan berubah biru ( sianosis ). Masalah saluran napas seperti itu paling sering terjadi pada infeksi yang disebabkan oleh virus parainfluenza, RSV, dan infeksi metapneumovirus manusia. Anak yang terkena dampak harus segera mendapatkan pengobatan. ( Baca juga Obat Infeksi Saluran Pernapasan Pada Anak )

Beberapa anak dengan infeksi saluran pernapasan virus juga mengalami infeksi telinga tengah ( otitis media ) atau jaringan paru ( pneumonia ). Otitis media dan pneumonia mungkin disebabkan oleh virus itu sendiri atau oleh infeksi bakteri yang berkembang karena peradangan yang disebabkan oleh virus membuat jaringan lebih rentan terhadap serangan oleh kuman lain. Pada anak-anak penderita asma, infeksi saluran pernapasan sering menyebabkan serangan asma.

Komplikasi Infeksi Pernafasan Anak

Empyema – Empyema adalah kumpulan nanah di samping paru-paru, disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menyebabkan masalah yang mengancam jiwa seperti sepsis (bakteri dalam darah) dan syok. Gejalanya meliputi demam, batuk, sesak napas dan nyeri dada.

Abses Paru – Abses paru-paru adalah rongga nanah di paru-paru yang dikelilingi oleh jaringan yang meradang. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi parah seperti pneumonia atau tuberkulosis atau dari menghirup material ke paru-paru dari mulut.

Potts bengkak tumor – Ini adalah komplikasi sinusitis yang tidak biasa (sejenis infeksi saluran pernafasan bagian atas yang menyebabkan radang rongga sinus di tengkorak). Ini adalah abses daerah dahi dengan pembengkakan frontal. Tumor bengkak potty biasanya terlihat pada masa kanak-kanak atau remaja. Gejalanya meliputi merah, bengkak lembut di tengah dahi, sakit kepala dan demam.

Selulitis orbital – Selulitis orbita adalah komplikasi lain dari sinusitis. Ini adalah infeksi jaringan di dalam soket mata dan sekitar mata. Gejalanya meliputi nyeri, bengkak, mata merah, demam, mata menggembung, gangguan penglihatan dan gangguan pergerakan mata.

Abses Orbital – Juga komplikasi lebih lanjut dari sinusitis yang menyebabkan selulitis orbital, abses orbital adalah kumpulan bakteri dan nanah di belakang mata. Gejalanya meliputi sakit mata, bulatan mata, kemerahan pada mata, perubahan penglihatan dan demam.

Mastoiditis – Mastoiditis adalah komplikasi otitis (sejenis infeksi saluran pernafasan bagian atas yang menyebabkan peradangan dan kemungkinan infeksi pada telinga tengah). Ini adalah infeksi bakteri serius yang menyerang tulang mastoid di belakang telinga. Gejalanya bisa meliputi sakit telinga, demam, sakit kepala, drainase dari telinga yang terinfeksi, kemerahan, bengkak dan nyeri tekan di telinga yang terkena.

Vaksinasi sangat penting untuk anak-anak dan orang dewasa yang memiliki gangguan tertentu, seperti penyakit jantung atau paru-paru (termasuk cystic fibrosis dan asma), diabetes, gagal ginjal, dan penyakit sel sabit.

Selain itu, anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, termasuk anak-anak dengan infeksi virus kekebalan tubuh dan mereka yang menjalani kemoterapi harus menerima vaksin tersebut.

Komplikasi Penyakit Ispa Pada Anak

Posted By
Obat Herbal Khusus Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *