Jenis Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Jenis Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Selamat datang di website www.obatherbalkhususanak.com situs kesehatan anak sekaligus menyediakan obat herbal yang asli dan resmi. www.obatherbalkhususanak.com selalu memberikan yang terbaik bagi anda tentang informasi kesehatan ataupun dalam hal pelayanan berbelanja online.

www.obatherbalkhususanak.com merupakan Distributor QnC Jelly Gamat Pusat Terbesar di Indonesia. Dapatkan pelayanan terbaik kami “Barang Sampai Baru Bayar” dan ” Potongan Harga ” untuk jumlah pemesanan tertentu. Kami Melayani Pesanan Ke Seluruh Wilayah Di Indonesia.

Penyakit Jantung pada Anak

Penyakit jantung adalah penyakit serius yang menyerang orang dewasa, tetapi bisa sangat tragis pada anak-anak. Kabar baiknya adalah bahwa dengan kemajuan dalam bidang kedokteran dan teknologi, banyak anak-anak dengan penyakit jantung pergi untuk hidup aktif dan hidup penuh.

Ada berbagai jenis penyakit jantung bawaan pada anak yang dapat mempengaruhi mereka. Termasuk cacat bawaan jantung, infeksi virus yang mempengaruhi jantung, dan bahkan penyakit jantung diperoleh kemudian di masa kecil karena penyakit atau sindrom genetik.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah jenis penyakit jantung pada anak-anak dari sejak lahir, biasanya disebabkan oleh cacat jantung yang hadir pada saat lahir bahkan masih dalam kandungan.

Bahkan, kondisi jantung yang paling umum ditemukan pada anak-anak yang cacat jantung struktural, ini biasanya melibatkan masalah dengan otot jantung atau katup jantung, dan meliputi:

  • Kondisi katup jantung seperti penyempitan katup aorta, yang membatasi aliran darah, atau prolaps katup mitral, di mana kebocoran katup mitral
  • Cacat pada dinding yang memisahkan sisi kiri dan kanan jantung (septum)

Cacat jantung bawaan lain yang mempengaruhi anak-anak antara lain:

  • Hipoplasia sindrom jantung kiri (HLHS), di mana sisi kiri jantung adalah terbelakang
  • Lubang di hati, biasanya di dinding antara ruang dan antara pembuluh darah utama yang meninggalkan jantung; mereka termasuk cacat septum ventrikel, defek septum atrium, dan patent ductus ateriosus
  • Tetralogi Fallot, yang merupakan kombinasi dari empat cacat, termasuk lubang di septum ventrikel, sebuah bagian menyempit antara ventrikel kanan, arteri pulmonalis, sisi kanan menebal jantung, dan aorta pengungsi

Cacat jantung bawaan mungkin memiliki efek jangka panjang pada kesehatan anak. Mereka biasanya dirawat dengan operasi, prosedur kateter, obat-obatan, dan pada kasus yang berat, harus sampai transplantasi jantung, dan juga memerlukan pemantauan dan pengobatan seumur hidup.

Jenis Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penumpukan plak lemak dan kolesterol penuh dalam arteri. Sebagai penumpukan meningkat, arteri menjadi kaku dan menyempit, yang meningkatkan risiko pembekuan darah dan serangan jantung. Ini biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk aterosklerosis untuk berkembang.

Aritmia
Aritmia adalah irama abnormal jantung. Hal ini dapat menyebabkan jantung untuk memompa lebih efisien. Gejala mungkin termasuk, kelemahan, kelelahan, pusing, pingsan, kesulitan makan.

Banyak jenis aritmia dapat terjadi pada anak-anak, termasuk:

  • Denyut jantung cepat (takikardia)
  • Detak jantung yang lambat (bradikardia)
  • Panjang QT Syndrome (LQTS)
  • Sindrom Wolff-Parkinson-White (sindrom WPW)

Sindrom Eisenmenger
Pada dasarnya, sindrom Eisenmenger adalah tanda bahwa darah tidak mengalir dengan benar dari kiri ke sisi kanan jantung. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan pembekuan darah, stroke, dan gagal ginjal.

Sindrom ini dapat mempengaruhi remaja dan orang dewasa dengan cacat jantung bawaan tertentu yang tidak diobati atau baru diobati di kemudian hari atau tidak pernah diobati. Namun, juga dapat terjadi pada bayi baru lahir yang lahir dengan hipertensi pulmonal.

Meskipun bukan tipe penyakit jantung khusus, sindrom ini biasanya menunjukkan masalah dengan jantung. Eisenmenger sebenarnya merupakan kumpulan dari tiga gejala, termasuk:

  • Sianosis, kulit biru atau keabu-abuan pucat karena penurunan oksigen dalam darah
  • Hipertensi pulmonal, tekanan darah tinggi di pembuluh darah paru-paru
  • Polisitemia, kelebihan jumlah sel darah merah

Penyakit Kawasaki
Ini adalah penyakit langka yang terutama mempengaruhi anak-anak dan dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di tangan, kaki, mulut, bibir, dan tenggorokan. Hal ini juga memproduksi demam dan pembengkakan di kelenjar getah bening.

Menurut American Heart Association (AHA) , penyakit ini merupakan penyebab utama dari kondisi jantung. Sebagian besar terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun. Anak-anak yang menderita penyakit ini sering membutuhkan seumur hidup tindak lanjut janji untuk mengawasi kesehatan jantung.

Jantung Murmur
Sebuah murmur jantung adalah “mendesing” suara yang dibuat oleh darah beredar melalui ruang, katup jantung, atau melalui pembuluh darah di dekat jantung. Kadang-kadang itu tidak berbahaya. Ada kemungkinan menjadi sinyal masalah kardiovaskular yang mendasari. Murmur jantung dapat disebabkan oleh cacat bawaan jantung, demam, atau anemia.

Pericarditis
Kondisi ini terjadi ketika kantung tipis atau membran yang mengelilingi jantung (pericardium) menjadi meradang atau terinfeksi. Jumlah cairan di antara dua lapisan yang meningkat, mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah seperti seharusnya.

Pericarditis dapat terjadi setelah operasi untuk memperbaiki cacat jantung bawaan, atau mungkin disebabkan oleh infeksi, trauma dada, atau gangguan jaringan ikat seperti lupus.

Penyakit Jantung Rematik
Ketika tidak diobati, bakteri streptokokus yang menyebabkan radang tenggorokan dan demam scarlet juga bisa menyebabkan penyakit jantung rematik.

Penyakit ini dapat serius dan permanen merusak otot jantung (miokarditis) dan katup jantung. Menurut Rumah Sakit Seattle Anak , demam rematik biasanya terjadi pada anak-anak usia 5 sampai 15, tetapi biasanya gejala penyakit jantung rematik tidak muncul selama 10 sampai 20 tahun setelah sakit

Infeksi virus
Virus, selain menyebabkan penyakit pernafasan atau flu, juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Infeksi virus dapat menyebabkan peradangan otot jantung (miokarditis), yang dapat mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Infeksi virus jantung yang langka dan mungkin menunjukkan beberapa gejala. Ketika gejala muncul, mereka mirip dengan gejala flu, termasuk kelelahan, sesak napas, dan nyeri dada.

Demikian jenis penyakit jantung bawaan yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih 🙂

Baca Juga :

Obat Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak
Penyebab Penyakit Jantung Bawaan
Tanda Dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Sumber : www.healthline.com

Jenis Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Posted By
Obat Herbal Khusus Anak

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *