Gejala Dan Tanda Tanda Pertusis Pada Bayi

Gejala Dan Tanda Tanda Pertusis Pada Bayi

Selamat datang di website www.obatherbalkhususanak.com situs kesehatan anak sekaligus menyediakan obat herbal yang asli dan resmi.
www.obatherbalkhususanak.com selalu memberikan yang terbaik bagi anda tentang informasi kesehatan ataupun dalam hal pelayanan berbelanja online.

Berapa Lama Vaksin Bertahan Dalam Tubuh ?

Menerima vaksin tidak akan menjamin kekebalan tubuh yang protektif untuk seumur hidup terhadap batuk rejan atau pertusis dan penyakit lainnya. Oleh karena itu bayi di bawah umur enam bulan, yang belum menerima vaksin tentu akan sangat rentan terinfeksi batuk rejan yang disebabkan oleh bakteri

Setelah pemberian vaksin kekebalan tubuh akan bertahan terhadap bakteri hanya sekitar lima tahun. Oleh karena itu anak anak diatas lima tahun akan berisiko tinggi terinfeksi pertusis.

Imunisasi orang dewasa juga penting karena orang dewasa dapat berfungsi sebagai sumber infeksi bagi bayi, yang berada pada risiko tertentu memiliki penyakit parah dan komplikasi serius dari pertusis.

Mereka yang divaksinasi saja bisa saja terinfeksi suatu penyakit, namun penyakit yang menyerang orang yang sudah dicaksinasi itu tidak akan parah atau serius.

Begitu juga dalam masah penyakit batuk orang yang sudah divaksin cenderung batuk biasa dan tidak lama, lain lagi dengan yang tidak menerima vaksin sama sekali maka batuk pun lebih besar pada batuk pertusis atau batuk rejan. Lalu apa gejala dan tanda tanda pertusis pada bayi ?

Baca Juga : obat pertusis bayi

Siapa Saja Yang Berisiko Batuk Rejan

Batuk rejan bisa mempengaruhi orang-orang dari segala usia, termasuk:

Bayi dan anak anak – Bayi muda di bawah usia enam bulan berada pada risiko yang sangat meningkat dari komplikasi batuk rejan
Anak anak dan orang dewasa – Cenderung kurang serius dalam batuk rejan ini mengkin karena sudah memiliki vaksin
Orang orang yang sudah batuk rejan sebelumnya – Anda tidak kebal terhadap batuk rejan jika Anda sudah mengalami partusis sebelumnya, maka di lain waktu batuk itu akan kembali atau kambuh
Anak anak setelah masa vasinasi habis – perlindungan dari vaksin batuk rejan cenderung luntur / habis setelah beberapa tahun

Anda juga bisa mendapatkan batuk rejan jika Anda datang dan berada dekat dengan seseorang dengan infeksi pertusis, dan jika Anda memiliki seorang bayi maka bayi Anda juga akan ikut terinfeksi.

Gejala Dan Tanda Tanda Pertusis Pada Bayi

Setelah Anda terinfeksi batuk rejan, dibutuhkan sekitar tujuh sampai sepuluh hari untuk melihat gejala dan tanda tanda pertusis muncul, meskipun kadang-kadang bisa memakan waktu lebih lama.

Gejala Dan Tanda Tanda Pertusis Tahap Awal :

  • Ingusan
  • Hidung tersumbat
  • Merah, mata berair
  • Demam
  • Batuk

Setelah satu atau dua minggu, tanda dan gejala pertusis dapat memburuk. Lendir tebal menumpuk di dalam saluran udara, menyebabkan batuk tak terkendali. serangan batuk yang parah dan berkepanjangan dapat menyebabkan :

  • Muntah ketika sedang batuk atau pun setelah batuk
  • Menghasilkan wajah merah atau biru
  • Menyebabkan kelelahan ekstrim
  • Diakhiri dengan “whoop” suara bernada tinggi selama napas berikutnya udara

Pertusis pada bayi mungkin tidak terlihat gejala dan tanda seperti diatas, bahkan bayi mungkin tidak batuk sama sekali. Tetapi, mereka mungkin berjuang untuk bernapas, atau mereka bahkan mungkin berhenti bernapas sementara.

Baca Juga : Jelly Gamat QnC Khusus Anak.

Komplikasi Pertusis Pada Bayi

Bayi dengan batuk rejan memerlukan pemantauan ketat untuk menghindari komplikasi yang berpotensi berbahaya karena kekurangan oksigen. komplikasi serius termasuk :

  • Kerusakan otak
  • Pneumonia
  • Kejang
  • Pendarahan di otak
  • Apnea (diperlambat atau berhenti bernapas)
  • Kejang (tak terkendali, gemetar cepat)
  • Kematian

Awalnya hanya batuk, tapi tanpa Anda sadari seiring berjalannya yang kelihatan seperti batuk biasa ternyata bayi atau anak terinfeksi pertusis atau batuk rejan.

Setelah Anda membaca artikel gejala tanda tanda pertusis yang kami informasikan, sudah tentu Anda akan memperhatikan bayi atau anak Anda jika mengalami batuk dan segera periksakan ke Dokter.

Gejala Dan Tanda Tanda Pertusis Pada Bayi

Posted By
Obat Herbal Khusus Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *