Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Selamat datang di website www.obatherbalkhususanak.com situs kesehatan anak sekaligus menyediakan obat herbal yang asli dan resmi. www.obatherbalkhususanak.com selalu memberikan yang terbaik bagi anda tentang informasi kesehatan ataupun dalam hal pelayanan berbelanja online.

Prosedur Operasi Usus Buntu

Efek samping setelah operasi usus buntu – Apendiks adalah organ kecil dan tidak penting yang menempel pada usus besar di dekat hubungannya dengan usus kecil. Bila usus buntu menjadi meradang atau terinfeksi, biasanya usus itu dikeluarkan.

Operasi lubang kunci – Operasi lubang kunci (laparoskopi) biasanya merupakan metode yang disukai untuk menghilangkan usus buntu karena pemulihan cenderung lebih cepat daripada operasi terbuka.

Operasi terbuka – Dalam beberapa keadaan, operasi lubang kunci tidak dianjurkan dan operasi terbuka dilakukan. Ini termasuk:

  • Saat usus buntu sudah pecah dan membentuk benjolan yang disebut massa usus buntu
  • Bila ahli bedah tidak terlalu berpengalaman dalam pembuangan laparoskopi
  • Orang yang sebelumnya pernah membuka operasi perut

Operasi terbuka  melibatkan pemotongan tunggal yang lebih besar di sisi kanan bawah perut Anda untuk mengeluarkan usus buntu. Bila ada peritonitis luas – infeksi lapisan dalam perut – kadang-kadang diperlukan untuk beroperasi melalui potongan panjang di sepanjang bagian tengah perut dalam prosedur yang disebut laparotomi.

Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Sebagian besar efek samping ringan dan sementara, meski terkadang komplikasi serius terjadi seperti:

Sakit perut dan ketidaknyamanan

Nyeri perut setelah operasi usus buntu selalu terjadi, namun tingkat keparahannya bervariasi tergantung pada kondisi pasien. Nyeri pascaoperasi biasanya berkurang seiring berjalannya waktu, dan ahli bedah secara rutin meresepkan obat penghilang rasa sakit sesuai kebutuhan.

Pegang bantal ke perut saat batuk atau bangun bisa membantu meminimalkan rasa sakit Anda dengan aktivitas ini. Ketidaknyamanan perut karena kembung juga umum terjadi setelah apendektomi laparoskopi.

Masalah usus

Karena usus buntu melibatkan manipulasi usus, Anda mungkin mengalami diare selama beberapa hari setelah prosedur. Konstipasi juga bisa terjadi, terutama karena obat nyeri yang mungkin diresepkan. Ileus – sementara kekurangan kontraksi usus normal – dapat terjadi dengan jenis operasi perut. Gejalanya meliputi mual, muntah dan distensi abdomen..

Luka infeksi

Infeksi luka bedah adalah komplikasi yang paling umum dan serius setelah operasi usus buntu, menurut American College of Surgeons. Infeksi ini lebih sering terjadi pada apendektomi terbuka dibandingkan dengan prosedur laparoskopi.

Orang dewasa yang merokok mungkin merupakan peningkatan risiko infeksi luka pasca operasi. Pecahnya usus buntu sebelum operasi juga meningkatkan risiko infeksi pada tempat sayatan bedah.

Infeksi Perut

Apendektomi darurat dilakukan dengan apendisitis yang dicurigai karena jika usus buntu pecah, bakteri usus lolos ke dan menginfeksi rongga perut. Infeksi ini, yang dikenal sebagai peritonitis, adalah komplikasi serius dari radang usus buntu.

Namun, peritonitis juga bisa berkembang sebagai komplikasi pembedahan apendiks yang jarang terjadi. Kecelakaan yang tidak disangka, kebetulan dari usus selama operasi biasanya merupakan penyebab ketika peritonitis berkembang setelah usus buntu.

Pembentukan abses – kantong infeksi – di perut di dekat tempat di mana usus buntu diangkat adalah komplikasi lain yang mungkin terjadi, Perkembangan abses di perut setelah pelepasan usus buntu mungkin memerlukan operasi kedua untuk menguras abses.

Dapatkah Usus Buntu Dicegah Dan Diobati Tanpa Operasi

Tidak ada cara untuk mencegah radang usus buntu. Namun, usus mungkin kurang umum pada orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayuran segar.

Usus buntu dapat diobati tidak harus selalu dengan melakukan operasi, setelah mengetahui efeksamping operasi usus buntu dan mengalami munkin Anda harus mempertimbangkannya kembali untuk melakukan operasi.

Disini kami tidak hanya memberikan informasi tetntang efek samping operasi usus buntu tapi juga memberikan solusi pengobatan usus buntu tanpa operasi, dengan obat herbal QnC Jelly Gamat

Demikian informasi tentang penyakit usus buntu yang kami sampaikan semoga dapat bermanfaat.

Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Posted By
Obat Herbal Khusus Anak

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *