Definisi Dan Jenis Vaksin Untuk Anak-Anak

Definisi Dan Jenis Vaksin Untuk Anak-Anak

Selamat Datang Di Media Informasi seputar anak balita sekaligus website resmi  www.obatherbalkhususanak.com dan merupakan agen resmi suplemen sekaligus obat herbal khusus anakPada Kesempatan Kali Ini Akan Memberikan Informasi Tentang Definisi Dan Jenis Vaksin Untuk Anak Anak

Apakah Vaksin?

Vaksin adalah obat yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk memerangi organisme penyakit. Kebanyakan vaksin yang dirancang untuk membantu tubuh melawan jenis tertentu bakteri, protozoa, atau virus.

Beberapa vaksin telah dikembangkan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker dan melindungi pasukan militer dari senjata biologis. Pemberian vaksin untuk hewan dan manusia disebut vaksinasi atau imunisasi.

Vaksinasi merupakan salah satu strategi medis untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Vaksin mendorong tubuh untuk membangun kekebalan terhadap organisme penyakit.

Baca Juga bahaya radiasi ponsel terhadap kesehatan anak-anak

Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Bekerja.

Ada sel khusus dalam aliran darah kita yang disebut sel darah putih. Mereka memiliki pekerjaan yang sangat penting dari melawan penyerang asing seperti virus dan bakteri ( Antigen ).

Sel darah putih seperti angkatan bersenjata dari tubuh kita. Mereka terus-menerus pada mencari antigen yang telah memasuki tubuh. Tubuh juga memiliki kelompok protein defensif yang beredar dalam darah yang dikenal sebagai antibodi.

Miliaran antibodi tambahan diproduksi dalam tubuh yang akan melawan antigen tertentu. Antibodi bergabung dalam serangan dengan sel darah putih, dan tidak memeberi kesempatan pada kuman untuk tumbuh.

Bagaimana Vaksin Bekerja

Ketika Anda menerima vaksin ke dalam aliran darah Anda, bentuk tidak aktif dari virus sekarang beredar dalam aliran darah Anda. Sel-sel darah putih diprogram untuk melawan virus untuk tidak bangkit, dan jumlah besar antibodi diproduksi dalam tubuh.

Vaksin menciptakan ilusi penyakit untuk membuat sistem merespon kekebalan tubuh Anda. Tentara besar antibodi bersama dengan sel-sel darah putih Anda akan menyerang virus sangat cepat sehingga Anda tidak akan sakit.

Baca Juga pentingnya imunisasi lengkap pada anak

Lima Jenis Imunisasi ( Vaksinasi ) Yang Wajib Pada Bayi

 Imunisasi campak

Tujuan imunisasi ini yaitu untuk mencegah penyakit campak. Jadwal imunisasi campak yaitu diberikan sebanyak 2 kali ketika berusia 9 bulan dan menginjak usia 6 tahun. Imunisasi wajib ini jangan sampai terlewatkan karena bisa berbahaya bagi perkembangan dan kesehatan anak.

 Imunisasi BCG (Bacillus Celmette Guerin)

Jadwal imunisasi BCG yaitu diberikan sebelum berusia 3 bulan dan biasanya pada usia 1 bulan bayi harus mendapatkan imunisasi jenis ini. Tujuan pemberian imunisasi ini yaitu untuk mencegah penyakit TBC.

 Imunisasi polio

Imunisasi polio sangat penting untuk mencegah penyakit polio yang bisa mengakibatkan kecacatan seperti kelumpuhan. Imuniasi jenis ini biasanya diberikan dengan cara oral atau melalui mulut. Jadwal pemberian imunisasi polio yaitu pada usia 0, 2, 4, 6, 8 dan 18 bulan. Jadwal imunisasi terakhir biasanya yaitu pada usia 5 tahun.

 Imunisasi hepatitis B

Jadwal imunisasi ini yaitu diberikan pada bayi yang baru lahir, usia 1 bulan, 3 bulan dan bahkan 6 bulan. Imunisasi ini bertujuan untuk mencegah infeksi virus hepatitis yang bisa menyerang organ hati. Jika imunisasi ini terlewatkan maka sangat rentan mengakibatkan penyakit hati pada anak.

 Imunisasi DTP

Imunisasi ini dianjurkan untuk bayi pada usia 2, 4, 6 dan 18 bulan. disamping itu imunisai ini juga dianjurkan untuk anak usia 5 dan 12 tahun. Tujuan imunisai ini yaitu untuk mencegah penyakit Difteri, pertusis dan tetanus.

 Efek Samping Dari Vaksin

Sementara semua vaksin memiliki potensi untuk menyebabkan efek samping yang cenderung ringan dan tidak berlangsung lebih lama dari beberapa hari. Efek yang yang jarang terjadi, tapi serius, efek samping vaksin adalah reaksi alergi langsung, juga dikenal sebagai reaksi anafilaksis.

Efek samping yang umum dari vaksin

  • Reaksi di tempat suntikan (nyeri, pembengkakan dan kemerahan)
  • Demam ringan
  • Gemetaran
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot dan sendi

Vaksin memiliki efek samping namun itu hanya sebentar, Anda tetap harus melihat manfaat dari vaksin untuk kesehatan anak Anda sejak dini dan di masa yang akan datang.

Definisi Dan Jenis Vaksin Untuk Anak-Anak

Posted By
Obat Herbal Khusus Anak

Baca Juga :

bahaya makan mie instan pada anak
Pertumbuhan Dan Perkembangan Kesehatan Anak
Penyakit Yang Dapat Menyerang Anak Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *